Instal Windows XP ke Laptop Hardisk SATA

Published by TOKO CAKRAWALA KOMPUTER under , on 11:11 PM
Diawali dengan Laptop bermerek Acer. Banyak orang komplain, karena laptop tersebut tidak bisa di instal Windows XP. HDD not detect (Wow… Ada apa ini??? Rusakkah Hardisku?). Sekarang para pemakai Laptop Toshiba pun mulai banyak yang menjadi korban vista.

Ada juga cerita lucu, sewaktu beli Laptop COMPAQ baru versi CQ40-121TU ke suatu toko komputer. Saya minta instalkan OS Windows XP ke Laptop baru tersebut (sambil pura2x gak ngerti , Lagian males dah harus nginstall)namun Si penjual laptop tersebut bilang “Kalo diinstal XP ntar program winamp nya (aplikasi pemutar video audio) hang mas”. Dalam hati gw “apa hubungannya winamp bisa hang dengan windows XP, toh laptop yang mo dibeli baru plus spek memadai”. Mungkin ini alasannya orang toko saja, sebenarnya dia ga tau cara instal windows XP ke laptop-laptop keluaran baru yang hardisknya sudah tipe SATA :D .

Ya sudah, langsung saja ke intinya. Untuk menginstal Windows XP pada Laptop yang menggunakan SATA AHCI, ada beberapa cara / solusi yang dapat saya berikan :

  1. SOLUSI PERTAMA :Gunakan Floppy eksternal untuk instal driver SATA. Namun mahalnya Floppy eksternal dan sangat amat jarang digunakan menjadikan solusi ini masih membuat orang berfikir berulang kali untuk menggunakannya
  2. SOLUSI KEDUA :Instal Driver SATA langsung ke CD Windows XP, sehingga tidak perlu menggunakan Floppy eksternal lagi karena Driver SATA telah kita tambahkan ke CD Installation XP.Kita dapat menambahkan Driver For SATA ke CD Windows XP dengan menggunakan program N-Lite dapet di donlut di http://nliteos.com Namun cara ini relatif sulit, terutama bagi user Newbie. Tidak semua orang bisa menggunakannya walaupun user tersebut telah terbiasa menginstal windows sendiri.Saya tidak akan menerangkan cara menambahkan driver SATA ke CD XP, karena sudah banyak situs / blog yang menerangkan cara membuatnya (atau tar aje kalo sempet)
  3. SOLUSI KETIGA :Cara ketiga ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Yaitu dengan mengubah option bios pada menu HDD mode. Ubah option-nya menjadi : ” SATA AHCI mode ke IDE mode “ Syaratnya cuma satu … Bios pada laptop harus memiliki future menu tersebut. Untuk Laptop Acer sekarang sudah menggunakan future untuk merubah SATA AHCI mode ke IDE mode.untuk masuk bios bisa tekan DEL/F2 tergantung laptopnye.Setelah melakukan perubahan pada bios silahkan langsung instalkan Windows Xp.
  4. SOLUSI KEEMPAT :Bila ketiga solusi di atas tidak bisa anda lakukan juga, maka silahkan download langsung saja Image Windows-XP-Dark-Edition-V.6-Power-Pack dari internet. Kamu ga usah susah-susah mikir, langsung sedot . . . langsung instal. OKE !

Download XP Dark Edition V.6:

PART 1 RAPIDSHARE


PART 2 RAPIDSHARE


PART 3 RAPIDSHARE


PART 4 RAPIDSHARE


PART 5 RAPIDSHARE


PART 6 RAPIDSHARE


PART 7 RAPIDSHARE

0 komentar:

Post a Comment